Wilayah Kerja (Wilker) Nusa Tenggara Barat adalah unit kerja Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Denpasar, yang bertugas untuk mengawal dan melaksanakan kegiatan-kegiatan Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Denpasar khususnya yang terkait dengan Konservasi Sumberdaya Ikan (KSDI) dan beberapa kegiatan Direktorat Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, serta persiapan pelayanan CITES di wilayah kerja Nusa Tenggara Barat. Wilayah Kerja Nusa tenggara Barat dibentuk berdasarkan surat keputusan Direktur Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Nomor KEP. 06A/KP3K/2011 tentang Pembentukan Satuan Kerja Pada Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut yang ditetapkan pada tanggal  28  Februari  Tahun 2011.

Pegawai/Personil

Untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas pada unit kerja Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Denpasar, Wilayah Kerja Nusa Tenggara Barat mempunyai sumberdaya manusia dengan latar belakang disiplin ilmu yang dapat menunjang pelaksanaan tugas yang diemban. Adapun struktur pegawai/personil Wilayah Kerja Nusa Tenggara Barat sebagai berikut :

  1. Lalu Adrajatun (Koordinator)
    lalu
  2. Muh. Supriyadin, S.Pi.
    yadin
  3. Rusli, SH.
    rusli

Kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2014

  1. Pembinaan Kawasan Konservasi Perairan (KKP) di Nusa Tenggara Barat
  2. Survey Monitoring Jenis Ikan  yang Terancam Punah, Dilindungi/Tidak Dilindungi di Nusa Tenggara Barat
  3. Penangan Mamalia Terdampar di Nusa Tenggara Barat
  4. Bimbingan Teknis Pengenalan Jenis Ikan Yang Dilindungi dan Terancam Punah di Nusa Tenggara Barat
  5. Pengembangbiakan Jenis Ikan Berbasis pada Masyarakat di Nusa Tenggara Barat
  6. Pembinaan Peredaran Jenis Ikan di Nusa Tenggara Barat

Selain Kegiatan inti, Wilayah Kerja Nusa Tenggara Barat juga ikut serta dalam pelaksanaan Kegiatan CCDP – IFAD Tahun 2014 di Kabupaten lombok Barat, sebagai Anggota Komite Pemberdayaan.

Lokasi Kantor

Kantor Wilker Nusa Tenggara Barat beralamat di Jalan Semanggi No 21 Karang Kelok Baru, Kelurahan Monjok Barat, Kecamatan Selaparang, Mataram – Nusa Tenggara Barat, Telpon (0370) 643057.

 

PROFIL 2013

mtrm1Kantor Wilayah Kerja (Wilker) Mataram merupakan unit kerja dari Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, dibentuk pada tahun 2010 kemudian di sahkan dengan keluarnya Surat Keputusan Direktur Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Nomor KEP. 06A/KP3K/2011 tentang Pembentukan Satuan Kerja Pada Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut yang ditetapkan pada tgl 28 Februari 2011. Tujuan pembentukan Wilker ini adalah untuk mengawal dan melaksanakan kegiatan-kegiatan BPSPL Denpasar khususnya yang terkait dengan Konservasi Sumberdaya Ikan (KSDI) dan persiapan pelayanan CITES di wilayah kerja Nusa Tenggara Barat.


Alamat :

Kantor Wilker Mataram beralamat di jalan Semanggi No 21 Karang Kelok Baru, Kelurahan Monjok Barat, Kecamatan Selaparang, Mataram – Nusa Tenggara Barat, Telpon +62370 643057

Pegawai/Personil :

Untuk menunjang pelaksanaan tugas sebagai unit kerja dari BPSPL Denpasar, Kantor Wilker Mataram mempunyai sumberdaya manusia dengan latar belakang disiplin ilmu yang dapat menunjang pelaksanaan tugas yang diemban. Susunan pegawai/personil Wilker Mataram sebagai berikut :

  1. A. Syahruddin, SH (Koordinator)
  2. Muhammad Supriyadin, S. Pi
  3. Baiq Ida Purnawati, S. Pi
  4. Rusli, SH

Kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2013

Kegiatan-kegiatan yang terkait dengan Konservasi Sumberdaya Ikan yang akan dilaksanakan oleh Wilker Mataram pada tahun 2013 sebagai berikut :

  1. Fasilitasi Pengembangbiakan Jenis Ikan Berbasis Masyarakat;
  2. Survey Monitoring Populasi Jenis Ikan Dilindungi/Tidak Dilindungi atau Masuk Dalam Appendiks CITES;
  3. Pembinaan Peredaran Jenis Ikan Dilindungi/Tidak Dilindungi Atau Masuk Dalam Appendiks CITES;
  4. Bimbingan Teknis Pengenalan Jenis Ikan Dilindungi yang Dimanfaatkan;
  5. Pengelolaan Data Base Konservasi Sumberdaya Jenis Ikan;
  6. Sertifikasi Diving Dalam Rangka Mendukung Survey Monitoring Jenis Ikan;

Suasana kerja di Kantor Wilker Mataram

Disamping kegiatan tersebut ada beberapa kegiatan pendukung yang sedang berjalan di wilker Mataram. Pertama, Kegiatan Sosialisasi Konservasi Sumberdaya Ikan dengan tajuk BPSPL Denpasar Goes to School. Berdasarkan instruksi dari Kepala Balai BPSPL Denpasar setiap wilker memberikan sosialisasi KSDI minimal 5 sekolah yang ada diwilayah kerja. Kedua, Pembuatan data profil wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di Nusa Tenggara Barat.

Rekapitulasi Kegiatan Wilker Mataram