Wilker Surabaya: Kantor Baru, Semangat Baru

with No Comments

wilker_sby1Setelah 2 tahun berdiri, Satker BPSPL Denpasar Wilayah Kerja Jawa Timur kini telah berpindah tempat, semula beralamat di Perum Puri Juanda Regency No 2, Semampir – Sedati, Sidoarjo, sekarang Kantor baru terletak di Perum Juanda Regency Blok DD 10 Sedati, Sidoarjo.  Dengan Jumlah pegawai sebanyak 3 Orang, diantaranya Agung Purwa H, S.T, Muhammad Isbaid W, M.H, dan Rachmawatie, S.Kel. Sebagai salah satu Kantor Wilayah Kerja  UPT BPSPL Denpasar, Wilker Jatim bisa dikatakan masih seumur jagung. Namun dalam perjalanannya, Wilker Jatim dengan jumlah personel  3 orang, bersyukur telah melaksanakan dan menjalankan  tugas dan fungsinya dalam mengawal program kerja dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Ditjen KP3K, dan UPT BPSPL Denpasar terkait implementasi dari UU  27 tahun 2007 tentang Perencanaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil serta UU  31 tahun 2004 tentang Perikanan yang dirubah menjadi UU 45 tahun 2009.

Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan  terkait persiapan dalam pelimpahan wewenang dari BKSDA terkait pengelolaan CITES untuk satwa Aquatik,  seperti sinkronisasi perijinan, fasilitasi pengembangbiakan jenis ikan yang berbasis masyarakat hingga monitoring populasi jenis ikan telah dilaksanakan dengan baik. Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan di daerah-daerah di wilayah kerja di Jawa Timur yang memiliki potensi jenis ikan yang disesuaikan dengan program Kementerian Kelautan dan Perikanan.   Dan tentu saja persiapan dalam pengelolaan CITES dibutuhkan waktu untuk menyiapkan institusi, SDM maupun sarana dan prasarana. Dengan kantor yang baru, suasana yang baru, tentunya diharapkan memberi semangat dan etos kerja yang lebih baik bagi tim BPSPL wilker Jatim dari sebelumnya.

Selain itu Tim BPSPL Denpasar Wilker Jawa Timur, juga terlibat dalam upaya penyusunawilker_sby3n rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil (RZWP3K) di Jawa Timur diantaranya Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Surabaya dan Lamongan. Tinggal Lamongan yang  hingga saat ini masih dalam proses tindak lanjut. Pada dasarnya sesuai dengan UU 27 tahun 2007 pemerintah daerah memiliki kewajiban dalam penyusunan RZWP3K Namun dalam rangka percepatan pembangunan didaerah maka Kementerian Kelautan dan Perikanan memfasilitasi penyusunan RZWP3K di daerah-daerah yang prioritas.  Dengan adannya Penyusunan RZWP3K maka diharapkan terbentuknya perda yang mengatur daerah pesisir dan pulau-pulau kecil sehingga tentunya terbentuknya peruntukan  alokasi ruang yang jelas yang pada akhirnya berkurangnya konflik kepentingan dan adanya kepastian hukum.

Sebagai  salah satu perpanjangan Kantor wilayah kerja dari BPSPL Denpasar,  Wilker Jawa Timur dianggap sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan program, sehingga  koordinasi dan penguasaan wilayah kerja mutlak dilakukan. Untuk hal ini, Tim Wilker Jawa Timur telah melakukan koordinasi dengan berbagai institusi selain juga menggali dan mengumpulkan data dari berbagai sumber guna mendukung pelaksanaan program. Selain itu, Tim BPSPL Denpasar Wilker Jatim menjunjung tinggi terwujudnya Zero Accident dalam setiap pelaksanaan tugas. Dengan mewajibkan personel untuk menguasai dan memperhatikan dasar-dasar keselamatan, misalkan Penataan barang kantor yang sesuai, kemampuan renang/selam. Sehingga pelaksanaan tugas bisa menjadi maksimal. Dengan demikian terwujud sistem kerja yang rapi, disiplin serta aman tidak sulit di wujudkan.

 

Leave a Reply