Warga Desa Oenaek Antusias Lakukan Transplantasi Karang

with 2 Comments
[Ena] Sabtu tanggal, 26 Oktober 2013, bertempat di Balai Desa Oenaek tengah berlangsung kegiatan Fasilitasi Pengembangbiakan Ikan/Coral Berbasis Masyarakat”. Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta yang berasal dari Dinas Perikanan Kab Kupang, Camat Kupang Barat, Kepala Desa Oenaek dan 10 (sepuluh) orang dari kelompok masyarakat yang terpilih untuk mewakili Desa Oenaek. Bentuk kegiatannya yaitu transplantasi karang. Masyarakat dan aparatur Desa Oenaek menyambut baik kegiatan ini mereka pun sangat antusias mengikuti jalannya kegiatan.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan selama 2 (dua) hari. Hari pertama diberikan dahulu materi ruang. Materi yang disampaikan berupa, Ekowisata Terumbu oleh Bapak Ir. Ikram M Sangadji, M.Si, (Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Denpasar), Pengenalan Karang Keras yang Potensial untuk Dimanfaatkan oleh Bapak Guntur Wibowo, S.St.Pi (Balai Kawasan Konservasi Perairan Naisional Kupang) dan Transplantasi Karang, Metode dan Efektifitasnya yang dibawakan oleh Ibu Noviana (Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kupang). Akhir dari penyampaian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Seusai makan siang dilanjutkan dengan perakitan meja transplantasi karang yang diinstrukturi oleh Bapak Hilmi selaku Kepala Seksi di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kupang. Meja transplantasi ini dipersiapkan untuk keesokan harinya. Hari berikutnya, 27 Oktober 2013, dilakukan pengambilan bibit/anakan terumbu karang di lokasi yang telah survey sebelumnya oleh tim BPSPL Satker Kupang bersama-sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kupang dan BKKPN Kupang. Selanjutnya bersama-sama dengan peserta mengikat anakan terumbu karang ke meja transplantasi untuk kemudian ditanam di perairan Desa Oenaek.

Transplantasi karang merupakan salah satu program kerja dari BPSPL Denpasar Satker Kupang. Tujuan transplantasi ini menghidupkan kembali daerah terumbu karang yang telah rusak yang diakibatkan oleh penangkapan yang tidak bersahabat dengan lingkungan laut oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, faktor pencemaran (limbah industri, rumah tangga, pelabuhan) dan pengambilan terumbu karang yang tidak terkendali untuk bahan bangunan dan perdagangan karang hidup.

Manfaat dari terumbu karang itu sendiri sebagai tempat mencari makan, bertelur, berkembangbiaknya berbagai macam jenis ikan, pelindung pantai yaitu sebagai pemecah ombak, badai, penghasil berbagai macam bahan obat-obatan, dan dapat dijadikan sebagai ekowisata bawah laut terutama untuk menarik para wisatawan lokal maupun luar negeri untuk datang melihat keindahan bawah laut.

Dengan diadakan kegiatan tersebut diharapkan masyarakat Desa Oenaek paham akan arti penting terumbu karang bagi ekositem laut dan bisa menjaga lingkungan lautnya, agar bisa dimanfaatkan di kemudian hari, terutama untuk generasi berikutnya.. !!

Dokumentasi:

oenaek8 oenaek2 oenaek3a oenaek3b oenaek4 oenaek5 oenaek6 oenaek7

2 Responses

  1. muhammad hilmi
    | Reply

    Menarik informasinya
    Kegiatan tersebut telah ditindaklanjuti dengan monitoring sekitar bulan desember dan hasilnya sangat baik. Monitoring dilakukan oleh staf bpspl wilker kupang dan staf dkp kab. Kupang bersama kelompok masyrakat yg telah ikut bimtek.

    Perlu dilakukan monitoring lanjutan, ditunggu info dari bpspl wilker kupang

    Hilmi (dkp kab. Kupang)

    • Pengelola
      | Reply

      Terima kasih Pak Hilmi atas informasinya.
      Info dari Pak. Hilmi akan kami teruskan ke pimpinan di BPSPL Denpasar.

      Salam,
      web admin @bmw

Leave a Reply