Tim Selam Bpspl Denpasar Kunci Sukses Pengembangbiakan Karang Dan Kima Di Nusa Dua Bali

with No Comments
Tim Selam BPSPL Denpasar
Tim Selam BPSPL Denpasar

Dibalik suksesnya penyelenggaraan kegiatan Konservasi Karang dan Kima di Nusa Dua Bali, yang telah dilaunching pada tanggal 29 Agustus 2015 yang lalu ternyata ada tim diver yang tangguh yang dimiliki oleh BPSPL Denpasar. Mereka adalah (dari kiri ke kanan memakai baju selam) Yoga Ibnu Graha, Hendra Setiawan, AA. Agung Gde Candra, Demas Derian dan Constantein Petta. Mereka merupakan motor utama Tim Selam BPSPL Denpasar yang diberi nama Orca Diving Club. Para diver tersebut terlibat mulai dari proses persiapan sampai dengan nanti pada proses pemantauan perkembangan karang dan kima yang telah ditempatkan di lokasi konservasi. Tim diver BPSPL Denpasar telah menunjukkan keahlian dan kemampuannya dalam memanfaatkan skill mereka dalam melestarikan jenis koral dan kima yang sudah terancam punah. Arus deras tidak membuatnya menyerah namun dijadikannya sebuah tantangan. Dengan semangat yang tinggi tim BPSPL Denpasar tersebut bahu membahu melakukan transplantasi karang dan penempatan kima di perairan Pantai Mengiat Nusa Dua di kedalam 5 meter.

Perlu diketahui bahwa kegiatan yang telah dilaunching pada tanggal 29 Agustus 2015 tersebut diberi judul Coral and Kima Garden for Species Conservation and Sustainable Marine Tourism Destination. Kegiatan ini merupakan inisiasi dari berbagai pihak yaitu : Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas)/Koperasi Unit Desa (KUD) Yasa Segara Bengiat, Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar dan Nusa Dua Reef Foundation (NDRF). Inisiasi tersebut adalah mengembangkan Koral dan Kima Garden di pesisir Pantai Nusa Dua. Koral dan Kima Garden dirancang menjadi atraksi ekowisata berbasis konservasi kima dikombinasikan dengan program rehabilitasi terumbu karang dengan menggunakan metode restocking yaitu pengembalian populasi di alam. Program ini bertujuan untuk pelestarian, pariwisata bahari, pembelajaran dan meningkatkan perekonomian desa.

Pengembangan Koral dan Kima Garden diharapkan dapat mengembalikan populasi kima di Nusa Dua dan dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat lokal dan industri pariwisata melalui beragam atraksi wisata laut yang ramah lingkungan dan bernilai edukasi. Manfaat penting lainnya adalah mempromosikan Nusa Dua sebagai destinasi pariwisata bahari yang berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan program pendampingan BPSPL Denpasar kepada kelompok masyarakat di wilayah pesisir yang berupa Fasilitasi Pengembangbiakan Jenis Ikan/Koral dan Kima di Provinsi Bali.

Terima kasih dan sukses buat tim selam BPSPL Denpasar.

Leave a Reply