Karangasem

with No Comments

Karangasem adalah sebuah kabupaten di ujung timur Pulau Bali (Provinsi Bali) yang pada tahun lalu, 2012, mendapatkan bantuan fasilitasi penyusunan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K). Hasil dari kegiatan ini adalah dokumen awal RZWP3K yang akan ditindaklanjuti tahun berikutnya untuk menjadi dokumen akhir. Dokumen tersebut terdiri dari buku data dan analisis, draf buku rencana, draf ranperda, dan album peta. Dokumen dapat diunduh di halaman Unduhan.

Tujauan kegiatan ini adalah tersusunnya dokumen awal RZWP3 Kabupaten Karangasem yang akan ditindaklanjuti menjadi dokumen final pada tahun berikutnya. Dokumen final RZWP3K penting karena akan dijadikan dasar dalam pembuatan rancangan Peraturan Daerah (Perda) RZWP3K. Perda merupakan alat pembangunan suatu daerah yang akan memberikan arahan pemanfaatan, pengawasan dan pengendalian sumberdaya di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

Dari kegiatan ini diketahui bahwa Kabupaten Karangasem memiliki potensi sumberdaya pesisir yang tinggi. Panjang garis pantainya mencapai 86,3 km membentang di sepanjang Laut Bali, Selat Lombok dan Selat Badung. Posisi Kabupaten Karangasem yang berbatasan dengan Selat Lombok menjadikannya strategis karena di Selat Lombok terdapat Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II yang merupakan jalur perlintasan internasional.

Potensi sumberdaya pesisir yang terdapat di Kabupaten Karangasem antara lain pariwisata bahari dan budaya, perikanan tangkap, perikanan budidaya, usaha penggaraman, pertambangan, dan pertanian.

Leave a Reply