SMP N 17 Mataram Belajar Konservasi

with No Comments

mataramke5(Yuss) Tanggal 22 juli 2013 bertempat di Musallah SMP N 17 Mataram, Tim Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar Satker/Wilker Mataram kembali mengadakan sosialisasi tentang Konservasi Sumber Daya Ikan (KSDI) kepada . Kesempatan kali ini merupakan rangkaian yang ke lima, setelah sebelumnya dilakukan sebanyak empat kali. Kegiatan ini merupakan rangkaian program inovatif BPSPL Denpasar, Goes to School, yang dilakukan di seluruh wilayah kerja, meliputi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Sosialisasi KSDI diikuti oleh sekitar tiga ratus siswa-siswi SMP N 17 Mataram, kelas VII-IX. Paparan tentang KSDI disampaikan oleh Bapak Lalu, koordinator Wilker Mataram yang baru, menggantikan Bapak Asho yang pindah tugas ke Satker BPSPL Denpasar, di Gianyar. Kegiatan sosialisasi kali ini berkesan lebih daripada kegiatan sebelumnya karena dilaksankan saat Bulan Suci Ramadhan 1434 H. Walaupun dalam kondisi berpuasa, namun antusiasme siswa-siswi SMP N 17 Mataram sangat besar. Hal ini terlihat dari banyaknya perserta yang hadir.

Tujuan sosialisasi KSDI ini adalah memberikan pamahaman kepada siswa-siswi sejak dini tentang pentingnya menjaga ekosistem di laut, seperti terumbu karang, mangrove, padang lamun berserta flora-fauna yang ada di dalamnya. Disamping itu, juga disampaikan tentang manfaat yang dapat diperoleh dari terjaganya ekosistem tersebut di masa depan.

Setelah pemaparan materi sosialisasi KSDI, peserta diajak untuk menyimak sebuah video terkait dengan  konservasi jenis  ikan. Video tersebut menampilkan pelepasan Hiu di laut serta dampak-dampak perusakan ekonsistem oleh aktifitas penangkapan ikan secara illegal/merusak, seperti pengeboman.

Leave a Reply