Siswa-siswi SMU Muhammadiyah Kupang: Ayo, Selamatkan Si Umbu..!!

with No Comments
[Tiwi] Bertempat di Aula SMU Muhammadiyah Kupang pada hari Sabtu tanggal 6 April 2013  berlangsung acara sosialisasi “Konservasi Terumbu Karang”. Kegiatan ini merupakan salah satu  program dari BPSPL Denpasar – Wilker Kupang yang bertajuk “Go to School”. Pada pukul 09.00 WITA siswa-siswi yang berjumlah 54 orang dari kelas XI dan guru pendamping yaitu Bpk Drs. Syafrudin Buhan dan Bpk. Abdul Talib Leta, S.Pd memenuhi Aula SMU Muhammadiyah Kupang untuk mengikuti sosialisasi yang disampaikan oleh Tim BPSPL Denpasar Wilker Kupang.

Materi disajikan dengan menampilkan slide show yang diawali dengan latar belakang konservasi terumbu karang serta hasil dari penelitian yang dilakukan oleh P2O LIPI pada tahun 2012 yang menyajikan tentang kondisi terumbu karang di perairan Indonesia. Di samping itu, disampaikan juga beberapa bahasan yang tidak kalah pentingnya seperti, nilai dan manfaat terumbu karang, faktor-faktor penyebab kerusakan terumbu karang, aktivitas yang dapat menyebabkan kerusakan terumbu karang, serta bagaimana cara melakukan transplantasi terumbu karang sebagai salah satu cara melakukan konservasi terhadap terumbu karang.

kpg_goes2school1Walaupun tidak tinggal di pesisir, namun siswa-siswi SMU Muhammadiyah Kupang ternyata memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi tentang konservasi terumbu karang, hal ini ditunjukkan dalam antusiasnya mereka dalam melontarkan berbagai pertanyaan.

Semoga kegiatan ini dapat memberikan nilai tambah bagi siswa-siswi dan dapat menumbuhkan kesadaran siswa-siswi akan kelestarian kehidupan bawah laut sehingga mereka akan berpartisipasi dalam menjaganya.

Ayo, Selamatkan Terumbu Karang dan Cintai Alam Laut Kita…!

Leave a Reply