Pulau Ndana, titik terselatan Indonesia

with No Comments

Selama ini, kita hanya mengenal ujung barat dan ujung timur Indonesia karena sering dinyanyikan ….dari Sabang sampai Merauke….. Namun lima tahun terakhir kita diperkenalkan dengan kata Miangas dan Ndana (Rote). Ya…dua kata ini adalah nama daerah paling utara dan paling selatan Indonesia. Miangas terdapat di Provinsi Sulawesi Utara sedangkan Ndana adalah sebuah pulau di Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

ndanaTahun 2012, Tim BPSPL Denpasar berkesempatan untuk mengunjungi Pulau Ndana untuk mengupdate informasi seputar pulau tersebut, mulai kondisi fisik, ekosistem darat dan laut, perikanan, sarana-prasarana, sosial-ekonomi, dan budaya. Pulau Ndana dapat dicapai dengan mudah melalui Kota Kupang dengan sarana kapal cepat atau kapal fery dengan terlebih dahulu singgah di Ibu Kota Kabupaten Rote Ndao (Baa). Titik terdekat untuk mencapai Pulau Ndana adalah Desa Oeseli yang berjarak sekitar 1 jam perjalanan darat dari Kota Baa. Dari Desa Oeseli, Pulau Ndana dapat dicapai dengan menggunakan perahu nelayan setempat dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Kondisi Pulau Ndana berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Tim BPSPL Denpasar disajikan dalam laporan singkat yang dapat diakses di sini. Dari laporan tersebut diketahui bahwa Pulau Ndana memiliki luas 1.410 ha dengan panjang pantai 17,2 km dengan topografi daratan umumnya datar kecuali di beberapa lokasi yang berbukit dengan ketinggian hingga 17 m. Sebagian besar lahan berupa hutan, padang rumput dan pasir terbuka. Sejak tahun 1680 pulau ini tidak berpenghuni, dan saat ini hanya dihuni oleh penjaga pulau dari TNI.

Karangkteristik yang unik dari Pulau Ndana adalah gelombong laut yang sangat besar karena berada di tepi Samudera Hindia, sumberdaya perikanan yang masih tinggi, cerita budaya yang melegenda, sebagai pulau kecil terluar paling selatan Indonesia. Pengembangan Pulau Ndana ke depan bersifat khas karena nilai strategisnya secara nasional yang tinggi. Aspek pertahanan dan keamanan nasional tentu menjadi aspek yang paling penting, kemudian penjagaan sumberdaya pulau-pulau kecil dan kelautan dan budaya.

Sebagai pulau yang khas, Pemerintah (baca: presiden) menyediakan sertifikat khusus bagi orang yang pernah menginjakkan kakinya di pulau ini.

Yuk ke Pulau Ndana……..

Leave a Reply