Pengembangbiakan Jenis Ikan Berbasis Masyarakat di Probolinggo

with No Comments

proling2(Gungs) BPSPL Denpasar melalui Satuan Kerja Jawa Timur pada tanggal 17 – 18 September 2013 melakukan kegiatan Fasilitasi Pengembangbiakan Jenis Ikan Berbasis Masyarakat di Kabupaten Probolinggo. Tujuan dari kegiatan ini Meningkatkan kesadaran peserta di bidang konservasi dalam rangka mewujudkan peran serta, tanggung jawab dan perhatian yang lebih besar terhadap kegiatan-kegiatan konservasi sumber daya ikan dan ekosistemnya. Para peserta berasal dari kelompok nelayan dan masyarakat. Kurang lebih 25 orang peserta mengikuti acara yang diadakan, berasal dari 2 kelompok nelayan atau masyarakat, yaitu dari kelompok usaha bersama (KUB) Gili Bahari dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Samudra Harapan. Fokus Jenis Ikan yang dikembangbiakan yaitu terumbu karang. Penentuan Jenis Ikan ini mengingat adanya potensi sebuah pulau kecil yang bernama Gili Ketapang, yang diharapkan dan diarahkan sebagai objek Ekowisata. Pada dasarnya pulau ini sangat indah untuk tujuan wisata.  Kondisi terumbu karang di Pulau ini mengalami kerusakan dari tahun ke tahun. Akibat aktifitas  Pertumbuhan penduduknya yang cukup padat,   serta rendahnya tingkat pendidikan mengakibatkan terumbu karang yang ada mengalami degradasi.

Atas dasar itulah, pelaksanaan kegiatan ini dapat menjadi terobosan dalam upaya perbaikan lingkungan khususnya kondisi terumbu karang dengan mengubah pola pikir masyarakat akan pentingnya ekowisata. Dengan Pengembangbiakan terumbu karang diharapkan, masyarakat dengan sendirinya dapat merehabilitasi kondisi terumbu karang disekitar pulau. Yang pada akhirnya sebagai langkah awal untuk menuju ekowisata yang juga akan bermanfaat bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, terutama di pulau tersebut.

Pelaksanaan kegiatan ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu pemaparan materi dan diskusi Interaktif dan praktek dilapangan. Pemaparan materi bertujuan agar peserta/masyarakat mengetahui dan memahami tentang konsep dan manfaat dari kegiatan ini. Sedangkan praktek dilapangan bertujuan agar peserta lebih memahami dan mengaplikasikan  dari apa yang disampaikan pada saat pemaparan materi. Pemateri berasal dari BPSPL Denpasar, ITS, Unibraw dan Akademi Perikanan Sidoarjo (APS).

Dari kegiatan terlihat peserta kegiatan sangat antusias dan terlihat cukup memahami paparan yang disampaikan para narasumber. Pada Kesempatan itu pula, Bapak Ikram M Sangadji, M.Si selaku  Kepala BPSPL Denpasar, menyerahkan 10 Paket bantuan alat selam dasar untuk kelompok nelayan, disaksikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Probolinggo, Bapak Dedi Isfandi. Dengan serangkaian kegiatan beserta paket bantuan yang diberikan. Diharapkan pemahaman tentang konservasi dapat segera diaplikasikan oleh masyarakat. Sehingga pada akhirnya terwujud kelestarian terumbu karang di Kabupaten Probolinggo sekaligus adanya peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.

Leave a Reply