Pengembangbiakan Coral Berbasis Pada Masyarakat di Desa Oenaek Kabupaten Kupang

with No Comments
Dokumentasi BPSPL Denpasar

BPSPL Denpasar pada tanggal 23-24 September melakukan kegiatan “Pengembangbiakan Jenis Ikan/Coral Berbasis Pada Masyarakat” di Desa Oenaek, Kabupaten Kupang. Wilayah yang masuk ke dalam kawasan konservasi Laut Sawu di Desa Oenaek Kabupaten Kupang merupakan lokasi pemasangan terumbu buatan. Terumbu buatan yang terbuat dari beton dengan model susunan kubah dan rak telah berhasil dipasang dengan adanya kerjasama yang baik antara BPSPL Denpasar dan masyarakat dalam upaya pemberian ketrampilan masyarakat dalam pengembangbiakan coral berbasis masyarakat. Pemasangan terumbu buatan tersebut melibatkan masyarakat desa Oenaek yang telah diberikan pembekalan dan ketrampilan cara membuat terumbu buatan dan transplantasi karang.

Pemasangan Terumbu Buatan

Desa Oenaek terletak di Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang memiliki potensi rumput laut yang besar. Adapun jumlah penduduk kecamatan Kupang Barat pada tahun 2013 sejumlah 16.612 jiwa. Topografi wilayah berbukit dengan kemiringan sampai dengan 45 derajat. Memiliki tanah yang kering dan berbatu.

Pemasangan terumbu buatan tersebut merupakan aksi dalam konservasi jenis ikan/coral serta memberikan penyadaran kepada masyarakat tentang pentingnya karang sebagai nursery ground bagi ikan. Masyarakat diajak peduli terhadap lingkungan yang akan memberikan manfaat bagi mereka sendiri. Dengan harapan bahwa terumbu karang tetap lestari serta memberikan peluang ekonomi yang lebih baik kepada masyarakat melalui kegiatan ekowisata bahari.

Leave a Reply