PENANGANAN TELUR PENYU SITAAN BKIPM KELAS 1 DENPASAR DI BANDARA NGURAH RAI BALI

with No Comments
Penanganan Telur Penyu Sitaan
Penanganan Telur Penyu Sitaan

Denpasar, BPSPL Denpasar telah melaksanakan koordinasi dengan BKIPM Kelas I pada tanggal 29 Juni 2016, melakukan pembukaan segel karantina dan pemeriksaan awal bersama  terhadap barang sitaan berupa telur penyu sebanyak 17 butir, asal Bima yang disita pihak otorita bandara Ngurah Rai, Bali pada tanggal 28 Juni 2016.  Adapun informasi dari otorita bandara Ngurah Rai, Bali kepada pihak BKIPM Kelas I Denpasar ke -17 butir telur penyu tersebut diketahui dibawa oleh Saudara Dodi Irianto saat Transit dari Bima menuju Jakarta menggunakan Pesawat dengan Nomor penerbangan IW 1837 Bima – Denpasar dan berencana akan melanjutkan penerbangan ke Jakarta Menggunakan Pesawat JT 0037 DPS-JKT. Hasil Pemeriksaan secara Visual Awal  Kondisi 17 Telur Penyu tersebut diketahui sudah Lama di luar sarang, dengan warna kekuningan di bagian bawah telur.

BKIPM Kelas I Denpasar diwakili Bapak R. Gatot Perdana ,A.Pi, M.MPi. Menyerahkan 17 Telur Penyu Sitaan Tersebut kepada BPSPL Denpasar yang diwakili oleh Bapak Permana Yudiarso, ST., M.T Pada Tanggal 29 Juni 2016 bertempat di Kantor BKIPM Kelas I Denpasar. BPSPL Denpasar dan BKIPM Kelas I Denpasar bersama-sama menitipkan 17 Telur penyu Tersebut dengan di masukan ke sarang buatan milik Turtle Conservation & Education Centre (TCEC) di Pulau Serangan, 17 Telur Penyu Diterima oleh Manajer Operasional TCEC Bapak I Made Sukanta.

Penyu dan telur penyu dilindungi berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dan Surat Edaran Menteri Kelautan dan Perikanan No : 526/MEN-KP/VIII/2015, dalam surat edaran tersebut Penyu merupakan salah satu jenis ikan yang dilindungi baik berdasarkan ketentuan hukum nasional maupun ketentuan internasional, karena keberadaannya telah terancam punah, yang diakibatkan oleh faktor alam maupun aktivitas manusia. Tindakan penanganan penyu yang dilakukan mengacu pada undang-undang karantina No. 16 Tahun 1992 Tentang  Karantina Hewan, Ikan Dan Tumbuhan. [ND/BPSPL DENPASAR]

Info Kontak Lebih Lanjut:

Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar

Jalan By Pass Prof. Ida Bagus Mantra, Pering – Gianyar

Telepon (0361)4794821, Faksimile (0361) 4794822

e-Mail: bpspl.denpasar@kkp.go.id

Leave a Reply