PENANGANAN HIU PAUS YANG TERLUKA TERKENA PROPELER DI KAWASAN KONSERVASI NUSA PENIDA

with No Comments
Sosialisasi Perlindungan Hiu Paus
Sosialisasi Perlindungan Hiu Paus

Klungkung, BPSPL Denpasar kamis 30 juni 2016 melakukan verifikasi dan pertemuan dengan stakeholder terkait laporan hiu paus yang terluka di media sosial di nusa penida sejumlah pihak yang tahu detail kejadian termasuk Lembongan Marine Association (LMA)dive operator, KKP Nusa Penida serta Coral Triangle Center. Pertemuan digelar untuk mengetahui kronoligis peristiwa sekaligus upaya preventif agar kejadian serupa tidak terulang.

Dari hasil pengamatan video yang dimiliki LMA melalui Andrew dari Blue Corner Dive Centre, hiu paus terlihat mengalami  Luka di kepala bagian atas hiu paus. Sirip dada belakang bagian kanan, ekor bagian atas terkelupas dan satu luka mengeluarkan darah di daerah ekor. Identifikasi awal dari ciri luka yang ada, kemungkinan terkena propeller kapal yang lewat.

Dalam hal ini pengaturan dan peneganan hukum untuk aktivitas yang ada, pemberlakuan code of conduct mutlak diperlukan. BPSPL Denpasar memastikan akan mengadakan pertemuan lanjutan sekaligus sosialisasi code of conduct dan berbagai regulasi juga mesti dirancang terkait maraknya pontoon di kawasan konservasi. Pihak CTC yang juga dikontak mengakui selain penemuan hiu paus yang terluka, dalam pertemuan juga mengemuka terkait banyaknya dive operator pada satu spot dan banyak yang tidak mematuhi kode etik. Pada Pertemuan ini BPSPL Denpasar juga memberikan sosialisasi mengenai penanganan mamalia terdampar dan jenis ikan yang dilindungi kepada beberapa drive operator yang hadir.

Pada tahun 2013, pemerintah menetapkan hiu paus (Rhincodon typus) sebagai salah satu jenis ikan yang dilindungi, sesuai Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor 18/KEPMEN-KP/2013 Tentang Penetapan Status Perlindungan Penuh Ikan Hiu Paus. Sementara menurut the International Union for Conservation of Nature (IUCN), hiu paus masuk dalam kategori rentan (vulnerable). [ND/BPSPL DENPASAR]

Info Kontak Lebih Lanjut:

Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar

Jalan By Pass Prof. Ida Bagus Mantra, Pering – Gianyar

Telepon (0361)4794821, Faksimile (0361) 4794822

e-Mail: bpspl.denpasar@kkp.go.id

 

Leave a Reply