Pelepasan Hiu Paus yang Terperangkap Jaring Nelayan

with 4 Comments
[AgungP] Tanggal 5 Nopember 2013  pagi hari sekitar jam 08.00 WIB, 2 orang nelayan dari daerah Wonorejo, Surabaya, Bp. H. Slamet dan Bp. Hari dikejutkan dengan beban berat dalam jaring mereka yang biasa digunakan untuk menangkap ikan. Setelah diperiksa lebih lanjut ternyata ada seekor ikan besar yang masuk dalam jaring mereka. Pak Slamet dan Pak Hari dibuat semakin terkejut ketika melihat ternyata ikan besar tersebut adalah Hiu Paus yang mirip dengan Hiu Paus yang terdampar di Pantai Kenjeran beberapa waktu lalu. Tanpa pikir panjang, kemudian mereka menghubungi Pokwasmas terdekat untuk minta bantuan. Petugas Pokwasmas kemudian menghubungi Satker BPSPL Denpasar Wilker Jawa Timur yang berada di Surabaya. Dengan berkoordinasi dengan PSDKP dan DKP Provinsi Jawa Timur, akhirnya hiu Paus yang terperangkap dalam jaring nelayan tersebut dapat dilepaskan dengan cara menyobek jaring yang melilitnya.

hiupaus_sbyPada hari berikutnya, bertempat di Kantor Satker BPSPL Denpasar Wilker Surabaya, dilakukanlah penandatanganan berita acara pelepasan Hiu Paus oleh pihak-pihak terkait yang terdiri dari PSDKP Surabaya, Pokwasmas, nelayan dan Kepala Satker BPSPL Denpasar Wilker Surabaya. Nelayan berharap mereka dapat memperoleh ganti rugi dari pemerintah atas kerusakan jaring mereka dalam rangka pelepasan/penyelamatan Hiu Puas yang terperangkap jaring tersebut. Jaring bagi nelayan ibarat nafas kehidupan mereka. Tanpa jaring, nelayan dapat berhenti melakukan aktifitas menangkap ikan. Kesadaran mereka untuk mengutamakan keselamatan hewan langka patut mendapatkan apreasiasi dari pemerintah dengan memberikan ganti jaring mereka yang rusak dengan jaring yang baru.

 

 

4 Responses

  1. dzul
    | Reply

    Terus yang ganti ongkos jaring yang rusak sapa ya?? foto hiu pausnya di upload pak.. biar ga dikira hoax he.. Satker SBY mantaf.. :mrgreen:

    • Pengelola
      | Reply

      Yup. Pak kepala wilker sby, mhn dikirim foto hiu yg diambil oleh nelayan, biar semua lihat.

      • gungs
        | Reply

        Dalam waktu dekat akan segera di up load photonya…. :smile:

  2. Pengelola
    | Reply

    Pak Agung, bagus juga jika isi berita acaranya juga disampaikan?

Leave a Reply