Masyarakat Sumba Tengah Menentukan Arah Pengelolaan WP3K

with No Comments

kp1 suteng2Tahun 2013, Kabupaten Sumba Tengah yang merupakan salah satu kabupaten di Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki agenda besar dalam pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil. Dengan fasilitasi oleh Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, Kabupaten Sumba Tengah sedang memproses penyusunan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K). Bulan ini tahapan penyusunan RZWP3K telah sampai tahapan konsultasi publik I dengan agenda membahas rancangan struktur ruang, pola ruang serta arahan pemanfaatan ruang WP3K Kabupaten Sumba Tengah.

Kegiatan konsultasi publik I dalam penyusunan RZWP3K dilaksanakan di Aula Bappeda Kabupaten Sumba Tengah dengan dihadiri oleh Plt. Kepala Bappeda. Peserta konsultasi publik I dihadiri oleh anggota POKJA RZWP3K, tokoh masyarakat, perwakilan kelompok nelayan dan perguruan tinggi. Paparan materi substansi RZWP3K disampaikan oleh pihak ketiga dan dibahas oleh Tim BPSPL Denpasar.

Hasil konsultasi publik I menghasilkan butir-butir yang penting harus ditindak-lanjuti dalam tahapan penyusunan RZWP3K berikutnya, yaitu:

  • Data/Informasi tentang nama desa, batas wilayah administrasi, dan kondisi eksisting perlu untuk diperbarui sesuai dengan kondisi terbaru. Paparan pihak ketiga masih mencantumkan data/informasi yang belum sesuai dengan kondisi eksisting terbaru.
  • Kebijakan-kebijakan pembangunan yang sudah ada (memiliki kekuatan hukum), diantaranya Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Sumba Tengah yang telah diperdakan dengan Perda No. 1 tahun 2011, perlu menjadi referensi dalam penentuan struktur dan pola ruang serta arahan pemanfaatan ruang dalam RZWP3K.
  • Substansi tentang pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, khususnya wilayah perairan masih perlu dikaji lebih dalam sehingga dapat merepresentasikan kondisi sebenarnya dan keinginan para pemangku kepentingan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

Setelah konsultasi publik I ini, proses penyusunan RZWP3K Kabupaten Sumba Tengah masih harus melalui rapat-rapat POKJA, pembahasan dokumen RZWP3K dan konsultasi publik II.

Semoga Kabupaten Sumba Tengah segera memiliki peraturan daerah RZWP3K yang akan memberikan arahan pembangunan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil menuju kesejahteraan masyarakatnya.

Leave a Reply