Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Belajar Konservasi

with No Comments

Tak seperti biasanya, Murid-murid madarasah tsanawiyah Nurul Huda yang berada di Jl Raya Kalanganyar Barat, Sedati-Sidoarjo sedang beramai-ramai keluar dari masing-masing kelasnya menuju salah satu kelas yang telah dipersiapkan oleh pihak sekolah.  Karena beberapa menit sebelumnya telah diumumkan agar masing-masing kelas VIII menyertakan perwakilannya untuk mengikuti  acara belajar bersama BPSPL Denpasar Wilker Surabaya  bertema Pengenalan dan Konservasi  Jenis Ikan.

sby2Kegiatan yang direncanakan dan dilaksanakan oleh tim BPSPL Denpasar Wilker Surabaya yang dilaksanakan pada tanggal 4 April 2013 memang merupakan agenda  kegiatan ekstra yang bertema BPSPL Denpasar Goes To School dalam rangka mengenalkan kepada para siswa sebagai salah satu penerus bangsa, tentang pentingnya upaya Pengenalan dan Konservasi Jenis Ikan.  Tim BPSPL Denpasar Wilker Surabaya yang terdiri dari Agung Purwa H, Muhammad Isbaid W, dan Rachmawatie telah mendapat dukungan penuh dari pihak sekolah untuk berbagi ilmu dan pengetahuan yang terkait dengan kelautan dan perikanan, mengingat para murid merupakan anak-anak yang hidup di daerah pesisir dimana orang tua mereka bekerja sebagai nelayan, pedagang ikan, pembudidaya maupun petani garam yang ada di Kecamatan Sedati.

Acara di buka oleh Bpk Imam Nachrowi, S.Pd selaku perwakilan dari pihak sekolah kemudian di mulai dengan pemaparan materi pengenalan dan Konservasi Jenis Ikan. Pada kesempatan itu kurang lebih sekitar 50 murid terlihat sangat antusias mengikuti pemaparan materi oleh Bpk. Agung Purwa H, ST, pemaparan yang berlangsung kurang lebih 30 menit. Antusiasme para murid ini terlihat dengan begitu serius dan santai serta banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Suasana tampak bertambah hidup ketika msby1enginjak sesi ke 2 yang dipandu oleh Bpk Muhammad Isbaid W, M.H & Ibu Rachmawatie, S.Kel, dimana Tim BPSPL Denpasar Wilker Surabaya telah mempersiapkan Kuis dan Game untuk para siswa tentang pengenalan dan Konservasi Jenis Ikan. Kuis dan Game ini berupa pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab serta Tebak Gambar. Yang menarik lagi tim BPSPL juga menyediakan hadiah bagi para murid yang dapat menjawab dengan benar kuis dan game yang disampaikan sebagai bentuk penghargaan.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan tumbuhnya kesadaran dan munculnya kader-kader konservasi yang mau peduli terhadap kelestarian jenis ikan dan lingkungan pesisir dan laut. Dengan demikian pembangunan wilayah pesisir dapat dimanfaatkan secara optimal dengan memperhatikan keberlangsungan serta kelestarian lingkungannya.

Leave a Reply