Kapal Kandas Tidak Menyurutkan Bpspl Denpasar Dalam Transplantasi Karang Di Pulau Seraya Besar Manggarai Barat (Bag 2 – Habis)

with No Comments
Transplantasi Karang di pulau Seraya Besar Manggarai Barat
Transplantasi Karang di pulau Seraya Besar Manggarai Barat

Transplantasi karang yang dilakukan di Pulau Seraya dilakukan dengan menggunakan media terumbua buatan “Roti Buaya” atau peserta menyebutkan “Roti Komodo”. Setelah sebelumnya memperoleh materi tentang teknik transplantasi karang, peserta kegiatan di Pulau Seraya mempraktekkannya secara langsung. Dipandu oleh Yunaldi instruktur tranplantasi karang dari LINI peserta sangat antusias, berbeda dengan sebelumnya pada waktu materi ruang peserta masih kurang antusias.

Media karang buatan “Roti Komodo” dibangun oleh peserta pada hari sebelumnya, dan selanjutnya ditempatkan di wilayah perairan yang telah rusak akibat bom dan potasium. Penempatan yang baik akan mendukung pertumbuhan karang yang ditransplantasikan. Seluruh peserta secara bergantian dengan menggunakan peralatan selam dasar mengikuti dan terlibat secara aktif dalam proses tersebut. Dan semuanya berharap, terumbu karang yang rusak akan pulih kembali dan memberikan manfaat bagi masyarakat dan generasi mendatang.

Pulau Seraya Besar termasuk pantai berpasir putih dan pantai terjal. Berdasarkan analisis citra landsat tutupan lahan terdiri dari : Mangrove dengan luas 1,68 Ha; Padang lamun dengan luas 21,14 Ha;  Terumbu karang dengan luas 241,56 Ha; Pasir dengan luas 10,76 Ha; Belukar pantai dengan luas 32,55 Ha; Semak dengan luas 19,13 Ha; Lahan terbuka/semak/rumput/ alang-alang dengan luas 658,40 Ha. Ekosistem terumbu karang di Pulau Seraya Besar termasuk kategori buruk sampai sedang dengan prosentase tutupan karang hidup sebesar 25% dan 40%. Bentuk pertumbuhan karang yang umum dijumpai di Pulau Seraya Besar adalah Acropora Branching (ACB), Acropora Submassive (ACS), Acropora Digitate (ACD), Coral Massive (CM), Coral Submassive (CS), Coral Foliose (CF), Coral Mashroom (CMR), dan Coral Heliopora (CHL). Komponen karang lunak (Soft Coral) ditemukan dengan prosentase tutupan sebesar 50% dan 30%. Komponen penyusun substrat dasar lainnya yang tercatat adalah algae, karang mati dan komponen abiotik seperti bongkahan batu (Rock) dan pasir (Sand) (KKP 2012).

Leave a Reply