Mengintip Kantor BPSPL Denpasar dari angkasa

with No Comments

Saat ini, dengan kemajuan teknologi informasi hampir semua aspek kehidupan manusia dapat diakses datanya dari dunia maya (baca: internet). Pengguna internet diberi fasilitas yang nyaman untuk berkelana melihat-lihat sudut-sudut permukaan Bumi dari depan layar monitor komputer ~14″. Yang belum pernah terbang dengan pesawat terbang, dapat mengamati dengan mudah dan interaktif situasi suatu tempat dari udara. Ya….., buka saja situs maps.google.com atau aplikasi Google Earth. Situs (aplikasi) ini menyajikan gambaran seluruh permukaan bumi secara utuh maupun tematik. Bahkan pengunjung dapat bermain-main (game) simulasi mengendarai pesawat terbang di lokasi yang diinginkannya.

Iseng-iseng mengamati lokasi baru Kantor BPSPL Denpasar dari Google Earth, menarik untuk mengamati perubahan lahan beberapa tahun sebelum dan sesudah dibangun Kantor BPSPL Denpasar. Berikut liputan penutup lahan di seputar lokasi Kantor BPSPL Denpasar di’protret’ dari wahana satelit penginderaan jauh (remote sensing) Geo Eye dari luar angkasa.

11okt2012 15okt2009 1sep2003 5des2002

Dalam kurun waktu 10 tahun (2002 – 2012) telah terjadi perubahan lahan yang singnifikan di seputar lokasi Kantor BPSPL Denpasar. Kantor ini dibangun pada tahun 2011 dan mulai digunakan pada tahun 2012. Tidak hanya Kantor BPSPL Denpasar yang dibangun, tapi beberapa bangunan lain juga terbangun di lokasi ini. 2 areal pabrik pencampuran beton (ready mix), pompa bensin, sebuah gudang, dan rumah-rumah terlihat jelas terbangun pada tahun 2012, sementara pada tahun 2003 tidak ada.

Bila dicermati lagi, terdapat perubahan kenampakan penutup lahan yang menarik, yaitu jalan bypass. Tahun 2002, Jalan Bypass Ida Bagus Mantra masih merupakan jalan satu jalur dua arah, lebarnya kira-kira 7 meter. Sepuluh tahun kemudian, jalan ini diperlebar menjadi 23 meter (termasuk pembatas dua jalur).

Kira-kira 10 tahun lagi seperti apa lokasi ini ya…?

Leave a Reply