Kader Konservasi SDI dari SMP N 1 Pemenang

with No Comments

wilker_mtrmRuangan perpustakaan sekolah disulap sebagai ajang sosialisasi Konservasi Sumberdaya Ikan (KSDI) bagi murid-murid SMP N 1 Pemenang, Lombok Utara. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) – Denpasar Goes to School yang dilaksanakan oleh Wilker Mataram. Murid-murid SMP yang sebagian besar mereka adalah pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) mengikuti paparan dari Tim Wilker Mataram tentang KSDI yang dilaksanakan pada tgl 7 Maret 2013.

Menurut Wakil Kepala Sekolah SMP N 1 Pemenang, Bapak Ismail, alasan pemilihan peserta dari pengurus OSIS adalah untuk mencetak kader-kader konservasi sejak dini. Diharapkan mereka yang mengikuti kegiatan ini nanti dapat menyampaikan pengetahuan yang diperoleh kepada murid-murid lainnya melalui diskusi kelompok yang akan difasilitasi oleh sekolah. Metode demikian diyakini akan lebih efektif karena proses sosialisasi tidak berhenti pada kegiatan ini, tapi dapat terus dilestarikan oleh ‘kader-kader’ konservasi tersebut.

Pada akhir kegiatan sosialisasi KSDI, peserta diberikan tugas oleh wakil kepala sekolah untuk membuat karya tulis dengan judul terkait dengan KSDI. Menurut, Bapak Ismail, karya tulis yang dianggap bagus nantinya akan diikutsertakan dalam lomba-lomba karya tulis tingkat sekolah se Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Antusiame murid-murid SMP ini dalam mengikuti kegiatan sosialisasi KSDI sangat besar. Saat sesi tanya jawab, peserta seakan berlomba untuk mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang disampaikan. Semoga ini menandakan bahwa kegiatan yang dlaksanakan tidak sia-sia. Paling tidak arti penting menjaga kelestarian sumberdaya laut dapat diterima dan dimengerti oleh murid-murid SMP tersebut. Semakin banyak ‘kader’ konservasi semakin besar harapan terselamatkan sumberdaya ikan yang kita miliki. Semoga!

Leave a Reply