Festival Desa Sanur 2013

with No Comments

[Hendra S] Sewindu (8 tahun) Sanur Village Festival semakin memperkokoh peran masyarakat terhadap upaya promosi pariwisata secara mandiri dengan mendorong seluruh potensi mulai dari seni budaya, sport, lingkungan, hingga keterlibatan industri kreatif yang ada.

Sanur Village Festival (SVF) VIII digelar tanggal 24-28 September 2013 di Maisonette Inna Grand Bali Beach Hotel telah menyajikan kembali program berkala, festival tahunan yang dirindukan masyarakat. Dalam festival ini, juga dihadirkan sejumlah aktivitas baru seperti kontes ikan koi, Sanur Fun Run 10 K, program Bali Bersih (underwater beach clean-up) dan Sanur Creative Expo.

Dalam rangka memeriahkan kegiatan tahunan ini, Tim Selam “ORCA” Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar berpartisipasi dalam sesi kegiatan underwater beach clean-up. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 28 September 2013 di sepanjang Pantai Sanur, Denpasar. Tim Selam BPSPL Denpasar terdiri dari Gigih Aribowo, Yoga Ibnu Graha, A.A Gde Candra W dan Hendra Setiawan. Mereka bertugas bersama puluhan penyelam dari berbagai instansi pemerintah dan organisasi¬† masyarakat membersihkan sampah-sampah yang mengendap di bawah air, melayang di kolom air maupun terapung, serta yang berserakan di pantai. Sampah yang berhasil diambil kemudian dikumpulkan untuk diproses sesuai dengan jenisnya.

Aksi pembersihan sampah bawah laut ini secara khusus ditujukan untuk menyelamatkan keberadaan terumbu karang disekitar pantai yang memberikan “kehidupan” bagi masyarakat sekitarnya. Disamping itu juga dimaksudkan sebagai upaya kampanye, mengajak masyarakat untuk peduli pada kelestarian ekosistem laut. Dengan aksi ini diharapkan kondisi terumbu karang akan semakin baik yang pada akhirnya akan memberikanbanyak manfaat bagi masyarakat dan alam.

Kegiatan ini telah memberikan manfaat nyata bagi kepariwisataan Sanur dan mendorong inovasi, kreasi, dan prakarsa di segala aktivitas keseharian masyarakat Sanur. Tema Segara Giri yang diwacanakan kali ini diharapkan mampu memberikan roh festival yang tetap berpijak di bumi dengan keinginan setinggi langit untuk mewujudkan Sanur yang tetap lestari, damai, dan terjaga lingkungannya.

 

 

Leave a Reply