BPSPL Denpasar Turut Dalam Operasi Tangkap Tangan Perdagangan Insang Manta

with No Comments
OTT Pari Manta
Kasi Program dan Evaluasi BPSPL Denpasar Melakukan Identifikasi Barang Bukti Insang Manta
[Asho] Berdasarkan informasi dari yang diterima dari Kepala Satker PSDKP Benoa, Bali tentang rencana Operasi Tangkap Tangan Penjualan Insang Pari Manta di wilayah Pengambengan kabupaten Jembrana, Bali. BPSPL Denpasar ikut serta dalam proses operasi tersebut. Operasi tangkap tangan dilakukan oleh Ditjen PSDKP KKP, BPSPL Denpasar dan Mitra WCS, pada hari Jum’at tanggal 7 November 2014 berlokasi di Kelurahan Loloan Barat, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana.

Operasi tangkap tangan terhadap penjualan insang pari manta yang di lakukan di Pengambengan Kabupaten Jembrana merupakan pengembangan kasus penangkapan pengusaha pengekspor sirip hiu di Surabaya dan Cirebon dan didapatkan informasi bahwa jaringannya juga terdapat di wilayah Kabupaten Jembrana.

Barang Bukti Insang Manta
Barang Bukti Insang Manta

Pari manta telah ditetapkan sebagai jenis ikan yang dilindungi oleh negara melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 4/KEPMEN-KP/2014. Artinya, sejak 2014 penangkapan dan perdagangan pari manta dan bagian-bagian tubuhnya merupakan kegiatan yang dilarang dan dapat dikenakan sanksi hukum. Aksi penggagalan perdagangan ilegal spesies yang dilindungi itu sebagai aksi nyata dalam melindungi sumber daya kelautan dan perikanan.

Penggagalan perdagangan insang pari di Bali ini dengan tersangka berinisial SS (pengepul) warga Lingkungan Terusan, Kelurahan Loloan Barat, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana., berpotensi merugikan negara sebesar Rp175,1 juta yang berasal dari 103 kg insang kering pari manta atau setara 77 ikan pari manta dalam kondisi hidup. SS kemudian dibawa ke Kantor Satuan Kerja Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan di Pengambengan. Ia diduga menjadi pengepul insang ikan raksasa yang dilindungi oleh negara itu.

Dalam operasi tangkap tangan ini juga juga ditemukan tulang yang dicurigai sebagai tulang pari manta, sirip hiu. Kepala Seksi (Kasi) Tindak Pelanggaran dari Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian KP di Jakarta, Agus  Wijaya Situmorang, mengatakan bahwa penangkapan tersebut merupakan penangkapan terbesar dari tiga lokasi selama ini. Sebagai tindak lanjut BPSPL Denpasar akan terus melakukan sosialisasi intensif tentang jenis-jenis ikan yang dilindungi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Sedangkan Mitra WCS akan Melakukan tes DNA untuk mendukung proses penyidikan lebih lanjut.

Video Operasi Tangkap Tangan Perdagangan Insang Manta

 

Leave a Reply