BPSPL Denpasar, BKIPM Kelas I Denpasar, PSDKP Satker Benoa Gelar Monitoring Gabungan

with No Comments

Operasi Bersama

Pemeriksaan dan pengawasan gabungan instansi terkait, terhadap komoditi perikanan yang dilarang dan dilindungi, bersama Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kelas I Denpasar, Satker Pengawasan SDKP dan Polsek Pelabuhan Padangbai Bali, secara bersama-sama memeriksa dan mengawasi angkutan barang di pintu masuk pelabuhan. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menjaga sumberdaya kelautan dan perikanan dari kepunahan.

Selain itu seperti yang diamanahkan oleh Undang-Undang No.16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan dan UU Perikanan No.45 Tahun 2009 bertujuan untuk menjaga kelestarian sumberdaya hayati perikanan nasional. Selain itu mengacu kepada Ketentuan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No 1 Tahun 2015 yang mengatur penangkapan kepiting, lobster dan rajungan serta melalu lintaskan diatas ukuran berat 200 gram. Pemerikasaan dilakukan pada setiap kendaraan baik Bus, Truk, Mobil Box serta kendaraan pribadi keluar dari kapal yang berlabuh.

Dengan terbitnya ketentuan ini masih terbuka peluang bagi warga untuk mencoba-coba melalu lintaskan dibawah ukuran berat yang diperbolehkan. Diharapkan dengan kegiatan ini memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian sumberdaya perikanan dengan mematuhi peraturan perundangan yang berlaku. Koordinasi yang baik ini akan terus dijalin untuk memberikan manfaat yang lebih kepada seluruh masyarakat, utamanya peningkatan kesejahteraan melalui produktifitas perikanan dan kelautan.

Leave a Reply