BimTek Pengenalan Jenis Ikan Dilindungi yang Dimanfaatkan

with No Comments

mtrm-apr1 [Asho] Bimbingan Teknis (BIMTEK) Pengenalan Jenis Ikan dilindungi yang Dimanfaatkan, Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Denpasar (BPSPL) Denpasar, Satker/Wilker Mataram merupakan amanah dari PP 60 Tahun 2007 tentang Konservasi Sumberdaya Ikan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengenalan jenis-jenis ikan yang dilindungi di Indonesia kepada masyarakat nelayan yang sebagian besar merupakan peserta Bimtek. Kegiatan ini memfokuskan kegiatan terkait dengan status perlindungan hiu. Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar Bapak Ir. Ikram M. Sangadji, M.Si sekaligus sebagai narasumber dalam kegiatan ini.

Menurut beliau, pelibatan masyarakat dalam upaya konservasi sumberdaya ikan. Konservasi bukan berarti tidak untuk dimanfaatkan akan tetapi juga harus dijaga dan dilestarikan sehingga tetap terjaga keberadaannya. Jenis-jenis ikan dikategorikan dilindungi apabila sudah masuk dalam kategori terancam punah. Secara internasional upaya-upaya untuk melindungi perdagangan spesies-spesies flora dan fauna diatur dalam konvensi CITES.

Dharmadi, Pusat Penelitian Pengelolaan Perikanan dan Konservasi Sumberdaya ikan mengatakan bahwa ada 375-500 jenis spesies ikan hiu yang ada di dunia dan kurang lebih sekitar 200 jenis ada di Indonesia akan tetapai yang sudah teridentifikasi sebanyak 116 jenis (Fahmi, 2010,2011; Allen & Erdman, 2012).

mtrm-apr3Upaya untuk melindungi hiu dari kepunahan sangat penting untuk dilakukan, Pemerintah Indonesia akan memperketat penangkapan ikan hiu yang kini masuk dalam daftar appendik II Cites.  Pengetatan aturan penangkapan hiu ini, penting mengingat keberadaan kedua jenis ikan ini sudah mengalami penurunan drastis sekitar 75% bahkan untuk jenis-jenis tertentu penurunan populasinya sekitar 90 % di habitatnya.  penurunan populasi hiu dihabitatnya disebabkan karena tingginya permintaan dunia terhadap sirip ikan hiu dengan harga yang cukup tinggi sehingga masyarakat menangkap hiu secara besar-besaran untuk memenuhi permintaan ekspor.

Ini menjadi perhatian semua pihak, kalo kegiatan penagkapan hiu secara besar-besaran terus dilakukan bukan tidak mungkin jenis ikan ini hanya akan menjadi sebuah cerita dimasa yang akan datang.

Leave a Reply