Asyiknya Belajar Konservasi Bersama Murid-Murid SDN 1 Kenjeran

with No Comments

kenjeran_sd2Anak-anak begitu riuh dan riang, ketika kedatangan Tim BPSPL Denpasar Satker Surabaya yang didampingi oleh Kepala Sekolah masuk ke ruang kelas yang telah disediakan. Pagi itu, hari Rabu tanggal 11 September 2013 pukul 09.00 WIB kurang lebih 96 siswa SDN Kompleks I Kenjeran telah duduk ditempat masing-masing dan terlihat sangat antusias ketika, Ibu Sugiarti selaku Kepala Sekolah memberikan penjelasan bahwa Tim BPSPL Denpasar Satker Surabaya akan memberikan pengajaran kepada para siswa/siswi kelas 5 dan 6  tentang Konservasi. Dalam sambutannya, Ibu Sugiarti merasa sangat senang karena Institusi BPSPL Denpasar Satker Surabaya berkenan memberikan program pembelajaran terkait konservasi di SDN Kompleks I Kenjeran, yang tentunya akan menambah pengetahuan para pelajar terkait konservasi. Selanjutnya Ibu Kepala Sekolah juga berharap kepada para siswa/siswi agar bersungguh-sungguh menyimak materi yang akan disampaikan.

Tim BPSPL Denpasar Satker Surabaya terdiri dari Agung Purwa H, M. Isbaid W, dan Retnoningsih, segera memperkenalkan diri pada para pelajar. Pada kesempatan itu, Tim yang diwakili Agung Purwa h, Menjelaskan pada para siswa bahwa belajar bersama tentang konservasi ini akan dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi penyampaian materi yang akan disampaikan oleh Agung Purwa H dan sesi permainan/game yang akan dipandu oleh M. Isbaid W.

Dari awal penyampaian, terlihat para pelajar cukup antusias, dan gurauan-gurauan kecil menyelingi ketika pemaparan juga diiringi sedikit candaan. Pemaparan materi meliputi pengenalan wilayah pesisir dan ekositemnya, serta konservasi jenis ikan. Tidak sedikit dari para siswa yang sudah mengetahui gambar-gambar  yang disampaikan walaupun sebagian masih terasa asing bagi mereka. Sehingga pemaparan yang diberikan tidak sulit dicerna oleh para pelajar. Setelah sesi materi di sampaikan, untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mereka dari apa yang telah disampaikan, maka sesi selanjutnya yaitu permainan/game yang dipandu oleh M.isbaid W. Pada Sesi ini terlihat para siswa cukup semangat disebabkan tidak hanya pemandunya yang pandai bercanda, namun tersedia hadiah bingkisan dari Tim BPSPL Denpasar Satker Surabaya untuk para pelajar yang berhasil menjawab dengan benar permainan yang diberikan. Dengan kegiatan semacam ini diharapkan pengenalan konservasi sejak dini dapat memberikan bekal yang penting bagi generasi baru dalam peduli terhadap lingkungan dan alam pesisir serta laut yang perlu kita lestarikan secara bersama-sama.

Leave a Reply